Senin, 06 Desember 2010

Hasil PenelitianQ

Bangga sekali ketika apa yang kita hasilkan dengan susah payah dihargai oleh orang. Hal tersebut yang saya rasakan dari hasil menulis saya. Dua penelitian saya tidak menjadi sia-sia dikarenakan terpilih untuk dipresentasikan di forum nasional.

Dua penelitian tersebut adalah skripsi dan thesis saya, yang keduanya memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing... Perjuangan menyelesaikan penelitian tersebut terbayar sudah dengan terpilih sebagai salah satu presenter di Simposium Nasional Teknologi Informasi Jan 2009 di UGM dan Simposium Nasional Akuntansi Okt 2010 di Purwokerto.

Penelitian saya yang pertama ditulis dalam bahasa Inggris, dan berhasil mendapat nilai A, beasiswa 1.000.000 rupiah sebagai skripsi terbaik dan dalam prosesnya dibiayai oleh dosen-dosen  saya. Sehingga saya tidak mengeluarkan banyak dana untuk menyelesaikan skripsi saya. Topik yang saya ambil adalah karena saya suka, yaitu akuntansi tetapi lebih pada behavioral... Khususnya bidang sistem informasi...

Penelitian saya yang kedua berhasil mendapat nilai A juga dan masuk sebagai finalis 55 besar sebagai author di project buku Springer 2011 nanti bersama peneliti-peneliti di Standford dan negara-negara lain. Namun sayang gagal untuk masuk ke 15 besar. Namun saya berbangga, karena penelitian saya pernah dibaca oleh peneliti-peneliti luar. Selain itu penelitian ini terpilih sebagai top ten penelitian yang didownload di dunia bulan April 2010 versi penelitian terbaru di SSRN (http://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=1587255, untuk download gratis). Dan satu penghargaan lain adalah masuk dalam 4 besar Simposium Nasional Akuntansi Oktober 2010 di Purwokerto kategori Akuntansi Sistem Informasi.

Ya begitulah sejarah saya menulis, dari situlah saya berhasil mendapatkan penghasilan tambahan dengan mmembantu teman2 saya yang kesusahan dalam menulis skripsi atau thesisnya... Terakhir saya membantu menulis thesis dengan fee 1 Juta rupiah, menjadi asisten penelitian dengan fee 1,8 juta per penelitian. Wah lumayan juga. Belum lagi ditambah untuk translate bahasa inggris yang fee-nya tidak saya tentukan alias terserah yang memesan juga fee untuk meresume dan membuatkan slide presentasi mahasiswa-mahasiswa yang mendapat tugas untuk presentasi. Iseng-iseng berhadiah ni, dan semuanya saya dapatkan dari membantu memberi saran juga ide untuk tugas2 dan penelitian mereka,,, 

Semoga teman2 yang merasa punya kemampuan menulis mau cobalah untuk terjun ke bidang ini. Walaupun prosesnya lama tapi hasilnya lumayan... Ayo wanita muda,, fight!!!!

Akhir kata,, " Menulis siapa takut..." Thank you

Tidak ada komentar:

Posting Komentar